Pengaruh Flash Sale, Cashback Dan Free Ongkir Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mamuju)
Keywords:
Flash Sale, Cashback, Free Ongkir dan Impulse BuyingAbstract
Penelitian dibuat dengan tujuan untuk mengonfirmasikan pengaruh variabel flash sale, cashback serta free ongkir terhadap impulse buying pada marketplace Shopee, serta mampu memberikan edukasi kepada pelaku UMKM sebagai strategi dalam meningkatkan penjualan di toko mereka dengan memanfaatkan fitur promosi Shopee. Metode penelitian adalah metode kuantitatif yang dimana populasinya yakni Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mamuju angkatan 2019-2022 yang aktif berbelanja dan memiliki toko di Shopee. Sampel sebanyak 96 yang dihitung dengan rumus chocran diambil dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, uji hipotesis, dan analisis regresion linear berganda serta koefisien determinasi. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa variabel X “flash sale, cashback dan free ongkir” berpengaruh signifikan secara persial dan simultan terhadap variabel Y yaitu “impulse buying”. Banyaknya pelaku UMKM di Kabupaten Mamuju yang masih memasarkan produknya secara konvensional di rumah, pasar atau di toko offline, mereka tidak memanfaatkan penjualan online seperti marketplace Shopee yang jangkauannya bisa lebih luas. Penelitian ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan E-commerce salah satunya marketplace Shopee dan mengaktifkan fitur-fitur promosi seperti flash sale, cashback dan free ongkir yang dapat memicu perilaku impulse buying atau pembelian secara spontan.
References
Astawidara K, (2022, 4 Februari) Jawara E-commerce di Kemeriahan Akhir Tahun 2021. Diakses pada 24 Januari 2022. https://www.sportstars.id/amp/sengit-ini-jawara-e-commerce-dikemeriahan-akhir-tahun-2021-v345Xk
Aditya M (2022, 4 September) Platfrom E-Commerce Pilihan Masyarakat Indonesia 2022. Diakses pada selasa 24 Januari 2022. https://goodstats.id/infographic/platform-e-commerce-pilihanmasyarakat-indonesia-2022-KyEJi
Agrawal, Supriti, & Sareen, S. Abhinav. (2016). Flash Sales–The Game Changer in Indian E-Commerce Industry. International Journal of Advance Research and Innovation, 4(1), 192–195.
Ostapenko, Dr. Nikolai. (2013). Online Discount Luxury: In Search of Guilty Customers. International Journal of Business and Social Research, 3(2),
–68. https://doi.org/10.18533/IJBSR.V3I2.230
Syauqi, A., Lubis, F. A., & Atika, A. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada
Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(4), 734-749.
Kotler, Philips and Garry Amstrong. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jilid 1. Edisi 12. Diterjemahkan oleh Ari Setyaningrum. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip ddan Gray Amastrong (2010). Principales Of Marketing. Edisi 13. Unite State Of America: Person
Kurniawan, J. Faktor Cashback Dalam Penggunaan Fitur Pembayaran Go-Pay Melalui Aplikasi Go-Jek Di Burger King Central Park. Pariwisata. (2021).
Hermawan A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada
Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10 (13) 38-51
Sari, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir, Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada
Marketplace Shopee. Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nomensen
Yuniarti, Y., Tan, M. I., Siregar, A. P., & Amri, A. I. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Konsumen Saat Moment Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 153– 159.
Ndriany, D., & Arda, M. (2019). The Effect Of Bonus Pack And Price Discount On Buying Impulse In Marketplace Consumers In Medan. The 1 International Conference on Innovation of Small Medium-Sized Enterprise (ICIS) 2019, 1(1), 75–82.