Pengaruh Flash Sale, Cashback Dan Free Ongkir Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mamuju)

Authors

  • Nurmala Sari Universitas Muhamadiyah Mamuju Author
  • Andi Indra Martini Universitas Muhamadiyah Mamuju Author
  • Kurnia Universitas Muhamadiyah Mamuju Author

Keywords:

Flash Sale, Cashback, Free Ongkir dan Impulse Buying

Abstract

Penelitian dibuat dengan tujuan untuk mengonfirmasikan pengaruh variabel flash sale, cashback serta free ongkir terhadap impulse buying pada marketplace Shopee, serta mampu memberikan edukasi kepada pelaku UMKM sebagai strategi dalam meningkatkan penjualan di toko mereka dengan memanfaatkan fitur promosi Shopee. Metode penelitian adalah metode kuantitatif yang dimana populasinya yakni Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mamuju angkatan 2019-2022 yang aktif berbelanja dan memiliki toko di Shopee. Sampel sebanyak 96 yang dihitung dengan rumus chocran diambil dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, uji hipotesis, dan analisis regresion linear berganda serta koefisien determinasi. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa variabel X “flash sale, cashback dan free ongkir” berpengaruh signifikan secara persial dan simultan terhadap variabel Y yaitu “impulse buying”. Banyaknya pelaku UMKM di Kabupaten Mamuju yang masih memasarkan produknya secara konvensional di rumah, pasar atau di toko offline, mereka tidak memanfaatkan penjualan online seperti marketplace Shopee yang jangkauannya bisa lebih luas. Penelitian ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan E-commerce salah satunya marketplace Shopee dan mengaktifkan fitur-fitur promosi seperti flash sale, cashback dan free ongkir yang dapat memicu perilaku impulse buying atau pembelian secara spontan.

References

Astawidara K, (2022, 4 Februari) Jawara E-commerce di Kemeriahan Akhir Tahun 2021. Diakses pada 24 Januari 2022. https://www.sportstars.id/amp/sengit-ini-jawara-e-commerce-dikemeriahan-akhir-tahun-2021-v345Xk

Aditya M (2022, 4 September) Platfrom E-Commerce Pilihan Masyarakat Indonesia 2022. Diakses pada selasa 24 Januari 2022. https://goodstats.id/infographic/platform-e-commerce-pilihanmasyarakat-indonesia-2022-KyEJi

Agrawal, Supriti, & Sareen, S. Abhinav. (2016). Flash Sales–The Game Changer in Indian E-Commerce Industry. International Journal of Advance Research and Innovation, 4(1), 192–195.

Ostapenko, Dr. Nikolai. (2013). Online Discount Luxury: In Search of Guilty Customers. International Journal of Business and Social Research, 3(2),

–68. https://doi.org/10.18533/IJBSR.V3I2.230

Syauqi, A., Lubis, F. A., & Atika, A. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada

Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(4), 734-749.

Kotler, Philips and Garry Amstrong. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jilid 1. Edisi 12. Diterjemahkan oleh Ari Setyaningrum. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip ddan Gray Amastrong (2010). Principales Of Marketing. Edisi 13. Unite State Of America: Person

Kurniawan, J. Faktor Cashback Dalam Penggunaan Fitur Pembayaran Go-Pay Melalui Aplikasi Go-Jek Di Burger King Central Park. Pariwisata. (2021).

Hermawan A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada

Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10 (13) 38-51

Sari, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir, Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada

Marketplace Shopee. Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nomensen

Yuniarti, Y., Tan, M. I., Siregar, A. P., & Amri, A. I. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Konsumen Saat Moment Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 153– 159.

Ndriany, D., & Arda, M. (2019). The Effect Of Bonus Pack And Price Discount On Buying Impulse In Marketplace Consumers In Medan. The 1 International Conference on Innovation of Small Medium-Sized Enterprise (ICIS) 2019, 1(1), 75–82.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Pengaruh Flash Sale, Cashback Dan Free Ongkir Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mamuju). (2023). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 53-60. http://prosiding.unimaju.ac.id/index.php/SEMNAS/article/view/7